SERVICE DI AHASS : apa saja yg harusnya di cek

Assallamu’allaikum mass n’ miss semua-mua.

Hari ini jatahnya si jeruk di check up dokternya Honda.

image

Padahal rencana baru besuk kalau udah gajian ( akhir bulan ).Tapi tadi berhubung ada trouble sedikit …ya udah langsung aja ke AHASS sekalian nanya-nanya.
Ceritanya gini..kan tadi pas ganti shock breaker belakang ( dinormalin lagi ..kemarin pake punya scoopi ..lebih pendek dan empuk ).
cek artikel disini:

https://masshar2000.wordpress.com/2013/01/30/impresi-vario125-pgm-fitop-speed-bbm-and-modification/#

Ternyata buat ganti shock aja ribet minta ampun…si jeruk mesti ditelanjangin..( ampe tutup mata…hehehe  ).

image

…soalnya baut ketutup ama body…karena belum pernah bongkar sendiri ..ya udah bawa ke bengkel .
Beda sama tiger yg biasanya ane utak-atik sendiri…masalahe..masih dapet jatah service gratis…eman-eman maksute.
.ehh…pas di bongkar ternyata air radiator ( coolan ) ..ternyata habis..

image

….nah ane heran…kenapa bisa sampai
habis…padahal service rutin secara berkala sesuai buku petunjuk…selama ini yg nyervice ngapain aja…
Pas lagi bongkar si jeruk ada rombongan turing suzuki lewat..rata-rata inazuma dan thunder sekitar 25 motor plat L dan R ( daerah mana tuh )

image

image

image

image

Setelah shock blakang selesai langsung meluncur ke AHASS ..rencananya beli air radiator doang…pas nyampe di AHASS nanya ke mekaniknya soal itu.
Mekanik : Kog bisa habis mass…kilometernya udah berapa ???
Ane  : 11ribuan mas..
M : setiap service memang harusnya di cek oleh pihak AHASS…mungkin karena infikator di speedo meter belum nyala merah..jadinya tidak tahu…( jadi mesti habis dulu ya baru diisi …batin ane..)..
A: kalo biasanya setiap berapa kilometer mesti di ganti..???
M : sekitar 8 ribu…biasanya kalau udah mendekati itu..biasanya ditawarin..ditambah atau dikuras…( lhah ane aja kalau service cuman nunggu diluar ..tahu- tahu jadi )
A : Kalau oli gardan diganti setiap berapa kilometer..???
M : 12 rb km..

Ya udah ane pulang mau ngisi air radiator…nyampe rumah kepikiran service aja sekalian.
Pas service minta diiritin dikit ama ngurangin bunyi klotok-klotok pada mesin.
jadi total biayanya buat nyervice ( gratis )

image

                      Rp.49.000 aja…
Nah …massbro …jika punya keluhan soal motor kamu…tanya aja ke bengkel resmi…kalau perlu komplain biar ada perhatian khusus ..ini adalah hak konsumen….dan yang jelas hak-hak konsumen dilindungi oleh YLKI..ada undang-undang perlindungan konsumen…ini juga ane tahu karena di tempat kerja ane juga sering beberapa kali di komplain konsumen…dan harusnya si pebisnis mengetahui dan menjalankan ini…
Dan berikut galeri yg ada si AHASS..

image

image

dan ini perlu dibaca oleh konsumen..

image

image

image

image

nah…yg cuci motor ane gratis…padahal diluar point diatas…padahal harusnya
bayar rp 4000…kl menurut yg tertera…
mungkin karena tadinya ane komplain…padahal ane cuman ngadu aja soal penanganan  AHASS tempat lain lho…

oya…nambah dikit …ini ada kisah nyata soal YLKI..( no pic.ya….no hoax lho )

Saya ingat beberapa bulan lalu temen beli blackberry di jogja paket bundling ( 2 unit )..eh baru beberapa hari dipakai yg satu rusak…nah niatnya mau tukar minta ganti…ternyata pihak toko ( bukan toko resmi ) gak mau ganti atau bertanggung jawab…temen saya kan kesel …wong duit jutaan kog dibikin main- main….
Kemudian atas saran temen juga.. dianya nelpon ke kantor YLKI jogja…kemudian disuruh datang langsung ke kantor YLKI …setelah diproses ke toko yang bersangkutan…apa yang terjadi sodara-sodara …
Beberapa hari kemudian temen saya dapat kiriman Blackberry baru , bingkisan dan sejumlah uang tunai…sebagai permohonan maaf dari pihak penjual….
Kalau menurut saya sih sebenarnya itu juga kurang…sepatutnya pihak toko datang langsung ke rumah si pembeli…( karena di tempat kerja saya prosedurnya jg gitu.. )…
karena apa??? 
sebenarnya setiap perusahaan atau pelaku usaha itu jual image..
Susah lho membangun image itu…dari nol membangun kepercayaan kepada masyarakat…hingga sukses…tentunya tidak mudah dan memerlukan biaya yang tidak sedikit..
Mangkanya…setiap perusahaan yg besar selalu ada yg namanya tim QC atau quality control guna memastikan produk yg dijual ke pasaran layak jual / tidak cacat .
Dan juga wajib mencantumkan toll free..untuk menampung keluhan konsumen….ini wajib hukumnya…

Oke massbro…sharing dari masshar semoga bermanfaat…
…..jadilah konsumen pintar…..

Wallaikum salam.wr.wb.
÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷
Jika berkenan memberikan komentar, komentarlah dengan bijak, dan jika anda seorang blogger mohon sertakan ” link ” supaya kita bisa saling berbagi info.
motto : di udara kita saudara…di darat kita sahabat.

Powered by : m2000_production
÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷

31 tanggapan untuk “SERVICE DI AHASS : apa saja yg harusnya di cek”

  1. Plat L surabaya mas kalau R tegal,purwokerto dan sekitarnya, maaf belum bisa kasih link belum bikin artikel.

    Suka

  2. ‘selama ini yang nyervice ngapain aja’
    numpang ketawa, beres terkadang memang tidak beres, sebagai konsumen memang perlu teliti, dulu pernah service ringan di beres, kan termasuk stel ketegangan rantai, ketika sudah selesai dan serah terima kunci ternyata baut as rodanya belum dikencengin, tepok jidat, mekanik langsung panik dan minta maaf, tapi maklum karena manusia kadang khilaf, cuma khilafnya membahayakan. pengaduan ke YLKI keluar dana atau tidak ya? atau cukup ucapan terima kasih

    Suka

  3. emang engga ada ya tempat ngintip radiatornya???
    untuk service..harusnya ada protapnya…terlebih untuk motor injeksi…klo beres ‘sebelah’ di tempat saya service ada poster gede nunjukin protap untuk mekanik untuk penanganan ‘pit’ dari model bebek, matic sama semprot…biasanya emang diingetin klo udah sampe kilometer berapa ada aja yg ditunjukin buat diganti… cmiiw

    Suka

    1. sebenarnya sih kelihatan…cuma sayanya kan baru pertama punya motor ginian …jadinya gak tahu…anehnya… kan pihak ahassnya …udah jelas itu masuk dlm SOP service…apa karena masih service gratis ya…jadi ala kadarnya…

      Suka

  4. http://kobayogas.wordpress.com/2013/09/20/pitline-bengkel-alternatif-untuk-motor-sport-anda/

    kok mas har gak apal L sama R? ngetes yaaa hehehe..
    hebat tuh turingnya, sampe pake patwal…

    YLKI keknya joss juga ya…sakti juga.

    oia barusan (harini) saya juga servis si skupifi, harusnya servis kedua, tapi dah lewat (harusnya Juli), jadi diskip lsg ke servis ketiga (utk 4000km), pdahal motor baru 1050 km dari februari akhir kekekke…jarang dipake. dipake deket2 aja ma permaisuri.

    ganti oli spx oren, beda 5000 doang sama yg putih. yg oren dah full syn…39rb. free jasa

    Suka

    1. beneran….YLKI pasti jozz…ini lembaga yg paling disegani pelaku usaha..selain badan POM…..walah… tu motor…dimanja bgt…brarti pas ganti olinya kita minta sendiri ya…soale biasanya cuman ditanya…ganti oli gak gitu..tanpa ditawarin yg lain..

      Suka

      1. Iya minta mas, soalnya yakin banget bakal lama lagi ganti olinya atau servisnya, rencana sih biar next service ga perlu ganti oli lagi, paling2 4 bulan ke depan. Soalnya ada due datenya, servis kedua aja lewatnya gara2 kena due date…jadi di lompat lsg pake kupon servis 3.
        Sekalian aja lah olinya yg bagusan, toh beda 5000…cuma 1 liter juga.
        Kalo si Z tuh mikir, 2, 2L kalo sama oil filter, olinya 1L 110rb, filternya 89rb…gilaaaa si Kuro aja cuma 40rb wkwkwk…

        http://kobayogas.wordpress.com/2013/09/21/kangen-nyentul-euy/

        Suka

      2. besuk kl service..tak tanya…mending beda dikit kl lbh bagus….
        ya gak papa to…wong beli motornya aja bisa …kelas premium coy…mantab..

        Suka

      3. Masih premium kang, lom pertamax wkwkwkwk…cuma ya wondering aja gitu, oil filter motor kok lbh mahal dr mobil punya…
        Iya yang spx oren sdh full synt…

        Suka

  5. Hari ini saya kecewa sekali.saya minta motor saya agar diservice.dari awal pengerjaan saya selalu perhatikan itu motor.saya lihat motor saya hanya digeber2 test jln,filter udara aja gk ada dibuka.busi pun gk dibuka.setelah itu saya ditangih rp 100rb u/biaya service tsbt.dan saya pertanyakan ttng biaya tersebut malah saya pula dibilang bikin ribut,dak tak tau aturan service.apa memang begitu cara service dan pelayanan dibengkel AHASS.klu tau kayak gitu saya gk bakalan service itu motor di AHASS.

    Suka

Ngobrol disini !