KEUNTUNGAN DAN KERUGIAN MENGGUNAKAN KNALPOT RACING

Assallamu’allaikum mass n ‘ miss sadayana. Kali ini masshar mau share soal knalpot..juga untung ruginya menggunakan knalpot racing dibanding standart. image Sebelum itu..yuk kita kenali dulu Fungsi Knalpot : Fungsi knalpot adalah untuk meredam Hasil ledakan di ruang bakar. Ledakan pembakaran campuran bahan bakar dan udara berlangsung begitu cepat diruang bakar. Ledakan ini menimbulkan suara yang sangat bising. Untuk meredam suara tersebut /gas sisa hasil pembakaran yang keluar dari klep buang tidak langsung dilepas ke udara terbuka. Gas buang disalurkan terlebih dahulu ke dalam peredam suara atau muffler di dalam knalpot. Jadi gampangnya untuk membuang gas sisa dari hasil pembakaran diruang bakar… Inilah fungsi utama dari knalpot pada awalnya. Tetapi dengan adanya Perkembangan Teknologi terhadap Knalpot , ternyata knalpot dapat difungsikan sebagai penambah tenaga pada Engine atau mesin.Untuk motor 2 tak seperti yg kita ketahui pada motor RX king atau Ninja 2tak biasanya ditengahnya gendut atau disebut chamber ( knalpot telo : jawa ). image Sedangkan cara kerja nya yaitu Gas buang sisa pembakaran yang bertekanan sangat tinggi pada header pipe nya (leher Knalpot)di buang dan berkumpul di perut knalpot (chamber )sehingga lebih dari sebagian akan balik (efek turbulensi) ke header ,sehingga membuat tekanan lebih tinggi lagi dan menciptakan kompresi baru (yg lebih tinggi) sehingga power naik..sebagian bengkel menyebutnya momen atau tendangan balik….kayak kungfu aja ya…( kalau tendangan tanpa bayangan ada gak ya…xixixi..) Untuk knalpot racing sendiri..sebenarnya harus dipasang pada motor yg sudah dimodif pakai part racing…supaya performanya bertambah …dalam ini tentunya power. Terus misalnya dipasang di motor standart gimana masshar ?? Nah..ini dia…dulu masshar pernah memakai knalpot racing…abal-abal sih…merknya aja lupa…kalaupun dicari di google juga gak bakal nemu…kebetulan ini yg beli temen sendiri di pinggir jalan…alias tinggal make pancal mubal pokoke. Karena dulu motornya masih vega R..jadinya ya boleh minjem temen aja…kirain nambah speed…eh…tahunya sama aja alias sami mawon…tambah boros BBM iya.. mungkin ya karena knalpot abal-abal kali ya…tanpa pengukuran yg tepat… misal motornya pake part racing dan knalpot racing juga ..hasilnya pasti akan beda…yg jelas waktu itu …untuk tarikan awal enteng banget…cuman ky kurang bertenaga…untuk lari kenceng enteng nian, biarpun top speed gak nambah.

Oya bro…waktu itu karena jadi tambah boros BBM ..karbunya diiritin…dgn cara dipasang kawat serabut pada spuyer… nah…pas bosen ane pasang lagi itu knalpot standart…tanpa menormalkan karbu ( diiritin )…waduhh…apa yg terjadi massbro…pas di jalan nanjak ( deket pasar kranji bekasi )…ada suara meledak duar…duar…klekek…matek motore inyong…waduh…siang-siang nuntun motor di tanjakan…bener-bener kotoz-kotoz …gak pake jozz…. akhirnya dibawa ke bengkel…apa yg terjadi…busi kebakar…sampe kepala busi meleleh…kop busipun sampe ikut terbakar…kata bengkelnya…ganti busi sama kop nya dulu dan jangan di gas gede…. nah…tu kan…gak ada untungnya pake knalpot racing dengan part standart. Nah …pas udah punya tiger item jadi kepingin lagi knalpot racing…nanya-nanya…harganya yg ber merk …diatas 500rb ..waduh larange rek…ya udah akhirnya pake knalpot standar dibikin free flow aja ( tanpa sekat silencer ). Ternyata lebih grung massbro…tarikan enak bgt…dari bawah sampai atas ajib bener…top speed dan akselerasi nambah dikit biarpun pake part standart… Akhirnya pas udah bosen suara berisik…beli lagi knalpot standart …lha wong yg itu sudah gak bisa dibalikin ke normal lagi…tapi tetep lubang knalpot digedein…tanpa membuang sekat silencer …ternyata power nambah bro ..perasaan ane sih..lha wong gak punya alat ngetes alias dynosaurus . yang jelas top speed jadi gampang diraih dari pada standar asli… jadi yang jelas pake knalpot racing gak ada untungnya…

Lha itu judulnya kog keuntungan pake knalpot racing sih…masshar bohong nih…??? Ya …gimana ya…lha wong saya juga makenya knalpot racing abal-abal ..jadi ya gak ada untungnya….justru saya mau nanya mass bro semua apa untungnya pake knalpot racing asli ( bukan abal-abal lho ..) Kalau kerugiannya sih ada ..misalnya : 1.jadi berisik…ganggu tetangga. 2.bensin jadi boros. 3.pinginnya ngebut terus ( biar suara jadi lebih grung). 4.kendaraan didepan kita jadi minggir semua…dikirain moge kenceng mau lewat ( ini keuntungan apa kerugian ya). 5.Jadi dag dig dug der saat lewat KTL  ( kawasan tertib lalu lintas )…alias takut ditilang. 6…minta bantuan mass bro semua buat nambain…. Oya mass bro…jika massbro tinggal di solo raya…jgn pake knalpot racing ya di jalan slamet riyadi…terutama bulan ramadhan…soalnya bakal ditilang…. Kemarin temen masshar ditilang…sampai adu mulut sama pulisine…katanya knalpot gak standart…lhah…temen saya bilang ” ini kan knalpot standart ” ….biarpun racing kan standart pabriknya…waduhhh…gak nyambung nih….hahaha….kacau nih temen…kata guwe….itu aja mesti sampai batal puasa gara-gara adu mulut sama pak pulisi…akhirnya tetep aja pake ” uang damai “…25rb…. dulu malah lebih kejem mass bro…tepatnya lupa tahun berapa…yg jelas jokowi masih disolo dah…. jadi kalau ketangkep pake knalpot racing di sepanjang jalan slamet riyadi solo maka pak pulisi ini gak segan-segan mengGERGAJI knalpot jadi dua bagian….udah gitu ditilang juga….kapokmu kapan ….hehehe

Jika massbro tetap ingin membeli knalpot racing dari berbagai merk dan sudah teruji performanya, silahkan intip harganya di tautan berikut,

http://solobrita.wordpress.com/2015/05/31/harga-knalpot-racing-terupdate-berbagai-merk/

jimage Memangnya jalan slamet riyadi solo itu kayak apa sih masshar ??? Jalan slamet riyadi solo ini adalah jalan utama di solo…jalannya satu arah…disepanjang jalan itu ada mall, hotel ,bahkan rumah dinas walikota…hingga mentoknya di gladag (alun-alun utara kraton solo )…jadi jangan ngebut disini…atau siap duit extra...wong tidak ada polisi tidur disini…alias melek kabeh . .

Oke massbro…silahkan dikunyah-kunyah….di sharing pengalamannya pake knalpot racing… Wallaikum salam.wr.wb. ÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷ Jika berkenan memberikan komentar, komentarlah dengan bijak, dan jika anda seorang blogger mohon sertakan ” link ” supaya kita bisa saling berbagi info. motto : di udara kita saudara…di darat kita sahabat. Powered by : m2000_production ÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷

84 tanggapan untuk “KEUNTUNGAN DAN KERUGIAN MENGGUNAKAN KNALPOT RACING”

  1. Dulu ane prnah pake merk AH*S di megapro, tp mesin jg tetep standar…lmyan bs ngasepin vixy yg sama2 pk knalpot racing jg.

    Suka

  2. Kalau menurut saya tidak ada untungnya malah banyak ruginya.
    knalpot racing disamping merugikan diri sendiri juga merugikan orang lain.
    kerugian untuk diri sendiri.
    1.Pemborosan
    2.Mesin mudah rusak
    3.di tilang
    4.nambah2 dosa.
    5.dekat dengan celaka.
    6.Memperlihatkan rendahnya rasa toleransi/pendidikan

    Kerugian untuk orang lain
    1. Mengganggu ketenangan
    2. Mengganggu orang yang sedang istirahat
    3. Menambah sakit orang yang sedang sakit.
    4. menggangu orang yang sedang beribadah

    Suka

      1. Keuntungan ?

        1.Mengatasi Ngantuk saat naik Motor
        2.Memberi sinyal pada pengendara lain , ya mungkin keliatannya sepele, tapi kalo lu jalan di daerah bantar gebang atw cikarang yang isinya truk kontainer gmana ? pake knalpot standart nyalip2 taunya truck geser n gk tau kalo ada motor yang mw nyalip karna suara gk kedengeran , mati deh kelindes :v
        3. ya itu tadi , meningkatkan power, kn gk semua orang bisa beli motor yang dasarnya dari pabrik udah kenceng.

        negativ thingking itu memang perlu , TAPI GAK BANYAK ! :v

        Suka

    1. Derita LO sob.ga ada yg bisa nge larang gua masang kenalpot racing toh juga motor gua kalok rusak gua yang bawa ke bengkel bensin juga gua yang beli terus apa hubunganya sqma loe……

      Suka

  3. Kalau dari impresi kawan menggunakan akra,
    – suaranya ajib ngebas (bagi yang suka motor)
    – prestise nya dapat (bagi yang tahu motor)
    – peningkatan power dapat.

    Suka

  4. Lah ..lah .lah ..
    Itu gmna mas kan rusak krna ulah sndri ..
    Knalpot d standart’n tp set kabru masih keirit’n ..

    Suka

  5. ada untungnya jg lho, tapi sdkt itu’pun hx mtr trtentu, misalkn Ninja 250 pake knlpot racing suaranya gk trlalu besar jg, keuntungannya yh qt pengendara lain yg ada d dpn jd tau kalau ada mtr d belakang krn Ninja 250 dgn knlpot standar suaranya nyaris gk kedengaran saat brkendara.

    Suka

  6. Sing pasti gur mrebegi kupinge wong okeh..
    coba aja knalpote di panjangke trus ujunge di paske kr kupinge sing nunggang motor…
    ra bakal ono sing nganggo… Heheheee…

    Suka

  7. gada untungnya pake knalpot racing aftermarket:
    1. cuma tambah kenceng kalo hitungan volumenya tepat
    2. cuma tambah keren n prestige 3-4x lipat kalau pake merk racing original
    3. cuma tambah mantep suaranya
    4. cuma bikin aware kendaraan di depan kalau ada motor dibelakangnya
    5. cuma tambah boros dikit aja dari yg standar
    6. cuma gak dilarang kalau di jakarta
    7. cuma tambah garang aja penampilannya
    hihihi…

    baru sempet baca mas…ribet seharian di kantor, hadeuhhh hehehe

    http://kobayogas.wordpress.com/2013/09/22/rahasia-dibalik-garasi-honda-finally-revealed/

    Suka

      1. Kayana mereka (KMI) fully aware kalo produk2nya bakal jarang banget yg standar, kalau smp ditolakkin bakalan gak laku produknya…mungkin ya…hehe

        Suka

  8. Ane pake knalpot merek asli. Thailand malah irit pake old vixi 11 dulu, setingan co2 + karbu daytona biasa… Tembus 25rb bojonegoro surabaya PP waktu bensi 4500 premium

    Suka

  9. kang, sekarang saya juga punya old tiger 2004, gimana caranya knalpot standar dibikin free flow? udah gitu suaranya berisik, atau ngebass enak (kaya jazz) hehehe, mohon infonya kang.. hatur nuhun

    Suka

    1. saran saya sih..lubang outnya aja yg digedein…atur besar lubangnya..plus atur jarak besi bulatnya ke sekat silencer..suaranya lebih enak…empuk…dan tenaga atas bertambah.

      Suka

  10. Klo ane sih selama silindernya lbh dari 1 lbh prefer knalpot racing mas bro.. Nambah powernya lbh krasa n suaranya itu lo bkin ngeri ngeri sedap (4 silinder inline) hehe nguing nguing zuuunnnggg hehehe

    Suka

  11. Klo ane sih selama silindernya lbh dari 1 lbh prefer knalpot racing mas bro.. Nambah powernya lbh krasa n suaranya itu lo bkin ngeri ngeri sedap (4 silinder inline) hehe nguing nguing zuuunnnggg hehehe..

    Suka

  12. Knalpot racing ori yg ngak abal2 suaranya ngak berisik, baru kedengaran bedanya, kalau lagi di betot High RPM, malah motor seperti ngak jerit2 kayak kecekek seperti di knalpot standard (karena lebih plong). BTW itu polisi main gergaji aja, walah kalau knalpot standard utk motor langka kan susah di dapat (NSR), maka nya pake racing, masa ngak pake knalpot sama sekali, piye toch polisi?

    Suka

  13. untuk merk knalpot buat honda revo absolute cocoknya pake apa gan. kalau biasa yang bunyinya gak keras-keras amat 😀

    Suka

  14. Kalo ane punya 2 tak Suzuki Satria RU mesin udh di korek sih tapi gk kebangetan (kata bapak ane biar ane gk ngebut2an wkw)
    Knalpot ane AHM standart racing
    Keunggulan di motor ane / bagi ane sih , tarikan tambah maknyoss apalagi pake pertamax , putaran tinggi gk putus2 sampe lamaaaa banget , suara ya kalo pelang kyk motor standartnya (tukang sayur teetetet cuman kalo ane a bukan tetetet tapi tak tak tak (kyk besi gitu) kalo ngebut baru dah kyk RXKING sama MOTOGP wkwkw

    Kekurangannya : jadi boros , gampang di tilang , di omelin orang2 , selalu disangkain ngajakin balapan kalo lagi papasan sama motor2 sejenis
    Set ribet dah wkw

    Pokoknya sih overall #ilikeracing apapun itu kata orang , slow aja

    Yg penting biar suara tetep enak 1/2 minggu rutin ganti gaspul / glasswool biar gk pecah2 suaranya gw saranin juga yg punya 4 tak kyk gitu juga biar grungnya bulet kyk moge wkw

    Suka

  15. Menurut q sih mending pake knalpot standar,pastinya BBM lbh irit, n Ъќ ganggu orang lain. Krna ƔάϞƍ punya kuping bkn cuma qt A̲̅Jªª kan ? Kasian jg klo ªϑª org lemah jantung bisa bablas angine….. Hehehe…..

    Suka

  16. Ada juga yang bilang bahwa knalpot racing lebih irit bbm di bandingkan dengan knalpot biasa. Asal saat berkendara tidak di gas-gas. 😀

    Salam kenal mas….

    Suka

  17. Lebih nampak gaya aja si yg jelas. Kalo untuk performa mesin yg jelas pasti nambah lah asal setelannya bener(nggak asal-asalan/ngawur) soalnya saya udah tanya bengkelnya. Dan ada 2 jenis knalpot racing yg bisa dual sound(bisa suara keras sama suara biasa{rekomendari bengkel resmi}) semua tergantung jiwa pemakainya
    Masa si polisi mau nilang knalpot racing yg suaranya biasa aja.

    Suka

  18. Waduh mas bro, ndekne aku pulkam rep metu solo, iki kepriben wkwkk,
    Mau ke wonogiri.
    Thanks ya mas, artikelnya mantabzz hhe

    Suka

Ngobrol disini !